TUGAS 2 INOVASI SI dan NEW TECHNOLOGY

TUGAS 2
INOVASI SI dan NEW TECHNOLOGY


I. TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING

Pengertian Cloud Computing.
        Cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama. Menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna.

Manfaat Cloud Computing :
1. Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat
memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri.
 2. Keamanan Data
Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi.
 3. Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi
Menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan harus terkoneksi dengan internet. mudah meningkatkan/mengurangi kapasitas penyimpanan data.
4. Investasi Jangka Panjang
Penghematan biaya akan pembelian hardisk akan berkurang karena pengguna dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing.

Cara Kerja Sistem Cloud Computing
Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi. Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah – perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.



II. MOBILE COMPUTING

Mobile computing adalah benda yang memiliki teknologi canggih yang sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) dan mampu melakukan komunikasi dengan jaringan nirkabel walaupun user atau pengguna dari alat tersebut sedang melakukan perpindahan.

Jenis-jenis Mobile Computing
·         Laptop
·         PDA (Personal Digital Assisten)
·         SmartPhone

Kelebihan Mobile Computing
1. Extreme Personalization
Artinya, mobile computing telah menjadi barang yang sangat penting bagi orang, karena mobile computer kerap dipakai untuk menyimpan segala informasi pribadi.
2.Pengaksesan Informasi setiap saat dan dimanapun
Mobile computer dapat digunakan untuk bekerja dimana saja dan kapan saja.
3.Kompatible yang tinggi dengan teknologi lain
Dengan kecanggihan yang dimiliki, mobile computer compatible dengan teknologi lain, sehingga mobile computer dapat memanfaatkan teknologi lain demi kemudahan sang pemakai.

Kelemahan Mobile Computing
1.Konsumsi Tenaga                                                                                                                             
Ketika generator portable tidak tersedia, komputer mobile harus bergantung sepenuh padanya daya baterai. Artinya, baterai yang mahal harus digunakan .
2.Gangguan Transmisi
Penerimaan sinyal di dalam terowongan, di beberapa gedung dan daerah pedesaan seringkali buruk.
3.Potensi Terjadinya Gangguan Kesehatan
Penggunaan mobile yang lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan.



III. UBIQUITOUS COMPUTING

Mark Weiser menjelaskan Ubiquitous Computing merupakan sebuah model/konsep interaksi manusia-komputer yang paling canggih dan modern, dimana proses informasi keduanya diintegrasikan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.
Inti dari model Ubiquitous Computing melakukan pembagian sumber daya yang ringan, tidak mahal, dalam jaringan pemrosesan handal secara bersama-sama dan terdistribusi ke dalam semua aspek kehidupan sehari-hari
Terdapat 2 sifat utama dari Ubiquitous Computing yakni Ubiquity dan Transparency.  Ubiquity merupakan interaksi yang tidak dilakukan oleh suatu saluran melalui satu workstation, sedangkan transparency merupakan teknologi yang tidak menganggu keberadaan pemakai, tidak terlihat dan terintegrasi dalam suatu ekologi yang mencakup perkantoran, perumahan, supermarket, dan sebagainya.
Mark Weiser mengenalkan tiga bentuk dasar dari mesin Ubiquitous yaitu : tab, pad, dan board.

Contoh Ubiquitous Computing 
1.     Handphone (dapat mengakses informasi dimana saja, tetapi Penyalahgunaan kemudahan mengakses informasi)
2.     E-learning (memberikan kemudahan belajar, tetapi membuat pelajar menjadi malas)
3.     Mobil (di lengkapi dengan sebuah badge pintar berisi microchip secara otomatis gerbang akan terbuka, tetapi tidak semua mobil)
4.     Ruangan
5.     Kulkas



IV. NANO SCIENCE

NanoScience/Nanoteknologi adalah satu ilmu atau teknologi yang mempelajari obyek yang ukurannya sangat kecil (sepersemiliar meter), kemudian dilakukan manipulasi-manipulasi untuk menghasilkan benda-benda baru yang menjadi karakter khusus seperti yang diinginkan. Sederhananya, nanoteknologi merupakan lompatan teknologi untuk merekayasa benda-benda baru dari benda-benda yang sudah ada.

Contoh Penerapan Teknologi Nano
        Nanoteknologi ini sudah dipakai dalam bidang pertanian seperti nano modifikasi benih dan pupuk, teknik pengemasan makanan, energy ramah lingkungan dan teknik jaringan. Nanoteknologi itu sendiri juga dapat membantu dalam produksi atau memperbaiki kerusakan jaringan secara artificial distimulasi dengan menggunakan poliferasi sel. Penerapan teknologi nano dalam pertanian ini akan dapat membantu petani dalam meningkatkan produktifitas pertanian, kualitas produk hingga penggunaan sumber daya. Sehingga pada akhirnya hal ini dapat mengurangi biaya pertanian dan meningkatkan pendapatan.



V. GRID TECHNOLOGY

Grid computing merupakan salah satu jenis dari komputasi modern. Grid computing adalah arsitektur yang menghasilkan sistem informasi perusahaan yang berbiaya rendah dan lebih adaptif terhadap bisnis. Grid computing juga dapat diartikan resource dan penyelesaian masalah terkoordinasi dalam organisasi virtual yang dinamis dan multi-institusional. Grid computing memiliki perbedaan yang lebih menonjol dan diterapkan pada sisi infrastruktur dari penyelesaian suatu proses. Grid computing adalah suatu bentuk cluster (gabungan) komputer – komputer yang cenderung tak terikat batasan geografi

Elemen grid computing adalah berikut :
·         Hardware
·         Software
·         Brainware

Keuntungan Grid Computing  
1.     Lebih hemat biaya dalam  penggunaan sejumlah tertentu sumber daya komputer.
2.    Sebagai cara untuk memecahkan masalah yang mungkin tidak dapat dipecahkan tanpa sejumlah besar daya komputasi.

Kekurangan Grid Computing
1.     Masih sedikitnya sumber daya manusia yang  kompeten dalam mengelola grid computing.
2.  Kurangnya pengetahuan yang mencukupi bagi teknisi IT maupun user non teknisi mengenai manfaat dari grid computing itu sendiri.



VI. SYNAPSE

SyNAPSE (Systems of Neuromorphic Adaptive Plastic Scalable Electronics ) adalah program DARPA yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi mesin neuromorfik elektronik, upaya untuk membangun komputer kognitif jenis baru dengan bentuk, fungsi, dan arsitektur yang mirip dengan otak mamalia . Otak artifisial seperti itu akan digunakan pada robot yang kecerdasannya akan berskala dengan ukuran sistem saraf dalam hal jumlah total neuron dan sinapsis dan konektivitasnya.
Fase awal dari program SyNAPSE mengembangkan komponen sinaptik elektronik skala nanometer yang mampu mengadaptasi kekuatan koneksi antara dua neuron dengan cara yang dianalogikan dengan yang terlihat dalam sistem biologis ( pembelajaran bahasa Ibrani ), dan mensimulasikan kegunaan komponen-komponen sinaptik dalam mikrosirkulasi inti yang mendukung arsitektur sistem secara keseluruhan.



VII. TREN TEKNOLOGI MASA DEPAN

1.   Komunikasi Bebas Hambatan, inovasi big data dan penggunaannya, hingga teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih. Sehingga nantinya seakan tidak ada lagi batasan wilayah atau waktu untuk melakukan komunikasi.
2.    Gelaran 5G, diprediksi bisa dirasakan dan digunakan di tahun 2025, tapi ia baru bisa menjangkau 58% dari populasi manusia yang ada.
3.     Sistem Transportasi Cerdas, teknologi masa depan dalam bidang transportasi memungkinkan adanya sinergisasi antara transpotasi, infrastruktur dan manusia. Membuat semuanya menjadi lebih mudah, lebih efisien dan diharapkan bebas hambatan. Bentuk teknologinya deprediksikan ada dalam bentuk cellular vehicle to everything. Mungkin tidak ada lagi masinis, atau bahkan pilot. Semuanya digerakkan oleh mesin yang diatur secara digital.
4.     Augmented Creativity, maksudnya adalah satu teknologi atau terobosan yang nantinya akan menjadi jembatan antara pekerjaan di dunia nyata dengan pengalaman digital.Semacam aplikasi yang akan menggabungkan antara interaksi, kreativitas dan digital



ALIFAH SRI YULIANTI (10118545)
2KA01

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN

Service Management Tools