TUGAS 2 INOVASI SI dan NEW TECHNOLOGY
TUGAS 2
INOVASI SI dan NEW TECHNOLOGY
I. TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING
Pengertian Cloud Computing.
Cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan
pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan
pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan
program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu
yang sama. Menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan
juga aplikasi pengguna.
Manfaat Cloud
Computing :
1. Semua Data Tersimpan di Server Secara
Terpusat
memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara
terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan
Cloud Computing itu sendiri.
2. Keamanan Data
Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat
server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan
platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi.
3. Fleksibilitas dan Skalabilitas
yang Tinggi
Menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses,
kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan harus terkoneksi dengan
internet. mudah meningkatkan/mengurangi kapasitas penyimpanan data.
4. Investasi Jangka Panjang
Penghematan biaya akan pembelian hardisk akan berkurang
karena pengguna dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket
layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing.
Cara Kerja Sistem Cloud Computing
Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server
dalam mengolah data. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet
yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa
melakukan instalasi. Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga
instruksi/perintah dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan
internet kemudian perintah – perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi.
Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada
proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui
sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat
merasakan manfaatnya.
II. MOBILE COMPUTING
Mobile computing adalah benda yang memiliki teknologi canggih yang
sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) dan mampu melakukan
komunikasi dengan jaringan nirkabel walaupun user atau pengguna dari alat
tersebut sedang melakukan perpindahan.
Jenis-jenis Mobile Computing
·
Laptop
·
PDA (Personal Digital Assisten)
·
SmartPhone
Kelebihan
Mobile Computing
1. Extreme Personalization
Artinya, mobile computing telah menjadi
barang yang sangat penting bagi orang, karena mobile computer kerap dipakai
untuk menyimpan segala informasi pribadi.
2.Pengaksesan Informasi setiap saat dan dimanapun
Mobile computer dapat digunakan untuk bekerja
dimana saja dan kapan saja.
3.Kompatible yang tinggi dengan teknologi lain
Dengan kecanggihan yang dimiliki, mobile
computer compatible dengan teknologi lain, sehingga mobile computer dapat memanfaatkan
teknologi lain demi kemudahan sang pemakai.
Kelemahan
Mobile Computing
1.Konsumsi Tenaga
Ketika generator portable tidak tersedia,
komputer mobile harus bergantung sepenuh padanya daya baterai. Artinya, baterai
yang mahal harus digunakan .
2.Gangguan Transmisi
Penerimaan sinyal di dalam terowongan, di
beberapa gedung dan daerah pedesaan seringkali buruk.
3.Potensi Terjadinya Gangguan Kesehatan
Penggunaan mobile yang lama dapat menyebabkan
gangguan kesehatan.
III. UBIQUITOUS
COMPUTING
Mark Weiser
menjelaskan Ubiquitous Computing merupakan sebuah model/konsep interaksi
manusia-komputer yang paling canggih dan modern, dimana proses informasi
keduanya diintegrasikan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.
Inti
dari model Ubiquitous Computing melakukan pembagian sumber daya yang ringan,
tidak mahal, dalam jaringan pemrosesan handal secara bersama-sama dan
terdistribusi ke dalam semua aspek kehidupan sehari-hari
Terdapat
2 sifat utama dari Ubiquitous Computing yakni Ubiquity
dan Transparency. Ubiquity merupakan interaksi yang tidak
dilakukan oleh suatu saluran melalui satu workstation, sedangkan transparency
merupakan teknologi yang tidak menganggu keberadaan pemakai, tidak
terlihat dan terintegrasi dalam suatu ekologi yang mencakup perkantoran,
perumahan, supermarket, dan sebagainya.
Mark Weiser
mengenalkan tiga bentuk dasar dari mesin Ubiquitous yaitu : tab, pad, dan
board.
Contoh Ubiquitous Computing
1. Handphone (dapat
mengakses informasi dimana saja, tetapi Penyalahgunaan kemudahan mengakses
informasi)
2. E-learning (memberikan
kemudahan belajar, tetapi membuat pelajar menjadi malas)
3. Mobil (di
lengkapi dengan sebuah badge pintar berisi microchip secara otomatis gerbang
akan terbuka, tetapi tidak semua mobil)
4. Ruangan
5. Kulkas
IV. NANO SCIENCE
NanoScience/Nanoteknologi adalah satu
ilmu atau teknologi yang mempelajari obyek yang ukurannya sangat kecil
(sepersemiliar meter), kemudian dilakukan manipulasi-manipulasi untuk menghasilkan
benda-benda baru yang menjadi karakter khusus seperti yang diinginkan.
Sederhananya, nanoteknologi merupakan lompatan teknologi untuk merekayasa
benda-benda baru dari benda-benda yang sudah ada.
Contoh Penerapan Teknologi Nano
Nanoteknologi ini sudah dipakai dalam bidang pertanian
seperti nano modifikasi benih dan pupuk, teknik pengemasan makanan, energy
ramah lingkungan dan teknik jaringan. Nanoteknologi itu sendiri juga dapat
membantu dalam produksi atau memperbaiki kerusakan jaringan secara artificial
distimulasi dengan menggunakan poliferasi sel. Penerapan teknologi nano dalam
pertanian ini akan dapat membantu petani dalam meningkatkan produktifitas
pertanian, kualitas produk hingga penggunaan sumber daya. Sehingga pada
akhirnya hal ini dapat mengurangi biaya pertanian dan meningkatkan pendapatan.
V. GRID TECHNOLOGY
Grid
computing merupakan salah satu jenis dari komputasi modern. Grid computing
adalah arsitektur yang menghasilkan sistem informasi perusahaan yang berbiaya
rendah dan lebih adaptif terhadap bisnis. Grid computing juga dapat diartikan
resource dan penyelesaian masalah terkoordinasi dalam organisasi virtual yang
dinamis dan multi-institusional. Grid computing memiliki perbedaan yang lebih
menonjol dan diterapkan pada sisi infrastruktur dari penyelesaian suatu proses.
Grid computing adalah suatu bentuk cluster (gabungan) komputer – komputer yang
cenderung tak terikat batasan geografi
Elemen
grid computing adalah berikut :
·
Hardware
·
Software
·
Brainware
Keuntungan Grid Computing
1. Lebih hemat biaya dalam penggunaan sejumlah
tertentu sumber daya komputer.
2. Sebagai cara untuk memecahkan masalah yang mungkin tidak
dapat dipecahkan tanpa sejumlah besar daya komputasi.
Kekurangan Grid Computing
1. Masih sedikitnya sumber daya manusia yang kompeten
dalam mengelola grid computing.
2. Kurangnya pengetahuan yang mencukupi bagi teknisi IT
maupun user non teknisi mengenai manfaat dari grid computing itu sendiri.
VI. SYNAPSE
SyNAPSE (Systems of Neuromorphic Adaptive Plastic Scalable
Electronics ) adalah program DARPA yang bertujuan untuk mengembangkan
teknologi mesin neuromorfik elektronik, upaya untuk
membangun komputer kognitif jenis
baru dengan bentuk, fungsi, dan arsitektur yang mirip dengan otak mamalia . Otak artifisial seperti itu akan
digunakan pada robot yang kecerdasannya akan berskala dengan
ukuran sistem saraf dalam hal jumlah total neuron dan sinapsis dan
konektivitasnya.
Fase awal dari program SyNAPSE mengembangkan
komponen sinaptik elektronik skala nanometer yang mampu mengadaptasi kekuatan
koneksi antara dua neuron dengan cara yang dianalogikan dengan yang terlihat
dalam sistem biologis ( pembelajaran bahasa Ibrani ),
dan mensimulasikan kegunaan komponen-komponen sinaptik dalam mikrosirkulasi
inti yang mendukung arsitektur sistem secara keseluruhan.
VII. TREN TEKNOLOGI MASA DEPAN
1. Komunikasi Bebas Hambatan, inovasi big data dan penggunaannya, hingga teknologi
informasi dan komunikasi yang semakin canggih. Sehingga nantinya seakan tidak
ada lagi batasan wilayah atau waktu untuk melakukan komunikasi.
2. Gelaran 5G, diprediksi
bisa dirasakan dan digunakan di tahun 2025, tapi ia baru bisa menjangkau 58%
dari populasi manusia yang ada.
3. Sistem Transportasi Cerdas, teknologi masa depan dalam bidang transportasi
memungkinkan adanya sinergisasi antara transpotasi, infrastruktur dan manusia.
Membuat semuanya menjadi lebih mudah, lebih efisien dan diharapkan bebas
hambatan. Bentuk teknologinya deprediksikan ada dalam bentuk cellular
vehicle to everything. Mungkin tidak ada lagi masinis, atau bahkan pilot.
Semuanya digerakkan oleh mesin yang diatur secara digital.
4. Augmented Creativity, maksudnya
adalah satu teknologi atau terobosan yang nantinya akan menjadi jembatan antara
pekerjaan di dunia nyata dengan pengalaman digital.Semacam aplikasi yang akan
menggabungkan antara interaksi, kreativitas dan digital
ALIFAH SRI YULIANTI (10118545)
2KA01
Komentar
Posting Komentar